Di Antara Tahun-tahun dalam Hidup


Di antara sekian banyak makian, tangisan, pengembalian diri pada harapan, saya melampaui titik sakral dalam hidup yang selalu saya tunggu setiap tahunnya : hari kelahiran.

Agak susah rasanya bagi orang di sekitar saya untuk menemukan sosok seorang Leni yang penuh harap, penuh motivasi, serta semangat yang menggebu-gebu. Hingga saya menemukan lagu yang sekiranya cocok sebagai lagu tema yang mesti diputar sepanjang tahun : Dawes – When My Time Comes.

So I took what I wanted
And put it out of my reach
I wanted to pay for my successes
With all my defeats

Setahun lalu, saya menuliskan sepenggal lirik lagu tersebut di twitter, dan disematkan sebagai postingan teratas sebagai pengingat betapa hidup memang isinya ya kerja keras. Dan voila! Setahun berlalu, saya mengenang Juli 2017 yang telah berakhir dengan dada penuh haru, serta badan yang menghangat serasa habis dipeluk.

Menuliskan ini, saya memandang pantulan kaca jendela kantor, menerawang langit Jakarta yang rasa-rasanya beberapa minggu ini tak pernah memberi kehangatan, seolah tengah membimbing saya mengingat kembali masa-masa setahun lalu.

Kemudian saya menemukan sesosok Leni yang pelan-pelan menangis di flyover Tanjung Barat, sembari mengendarai motor berupaya membenahi hati yang terlalu rapuh akibat skripsinya ditolak pembimbing, 3 kali menyebar kuesioner masih saja dianggap kurang pas. Leni yang menangis di seputaran area Stasiun Karet, berupaya mengekspresikan kekecewaan karena tidak berhasil menegosiasikan jumlah data yang diminta, Leni yang selalu bangun siang karena hendak melupakan betapa muram yang selalu dihadapi ketika terbangun, Leni yang tangannya menghitam karena selalu motoran di siang hari, Leni yang selalu marah ketika menginjak parkiran kantor, Leni yang pelan-pelan menahan tangis merelakan barang-barang yang sudah susah payah dikumpulkan, Leni yang tengah malam meneguk kopi dan memutar lagu Sayang-nya Via Vallen sebagai usaha menyemangati diri, Leni yang menahan tawa saat dikomentari bimbingan sudah seperti minum jamu : sehari 3 kali, Leni yang perlahan mengerutkan dahi saat tengah menyusun lembaran kertas, menghapal materi bertahun yang lalu, mencoret sana-sini catatan ringkasan yang dirasa pas, Leni yang menangis karena orang yang ditunggu tak hadir di hari sidangnya, Leni yang berbaur dengan ratusan pekerja pabrik, Leni yang kesal tangannya pegal menjawab psikotes, Leni yang mulai skeptis dengan sekian prosedur penerimaan karyawan, hingga akhirnya Leni yang hari ini dadanya terasa menghangat, betapa semua perih, luka, airmata, haruslah tetap diiringi tawa sebagai sebaik-baik penjaga kewarasan, karena di ujung sana, tengah menanti hal-hal indah hasil balas dendam semua luka yang pernah kita dapat dan rawat.

Mencoba mengurangi keterangan yang terlalu detail, saya menuliskan ini sebagai pengingat diri, bagaimana hidup memang selalu begitu, seharusnya begitu.

Juli 2018, di antara kerutan dahi dan kebimbangan memilih kode akun biaya, saya mendapatkan surprise ulang tahun dari teman-teman kantor yang pertama kali dalam hidup. Kue ulang tahun pertama saya, yang kubiarkan begitu saja, tak difoto bentuk utuhnya, karena perhatianku tengah tersita untuk mengejar tenggat waktu pelaporan keuangan.

WhatsApp Image 2018-07-16 at 14.55.24

Terimakasih diri sendiri, terimakasih hidup, terimakasih semesta. Mari menjalani dan melanjutkan hidup yang lebih tabah setahun ke depan.

Advertisements

6 thoughts on “Di Antara Tahun-tahun dalam Hidup

  1. Selamat ulang tahun, Mbak Leni.
    Saya baca tulisan ini kok seperti mengingatkan saya zaman tahun 2012-2013 lalu.
    Saya juga pernah mengalami jatuh bangun nangis gara-gara skripsi.

    1. Terimakasih kak
      Teman saya pernah bercanda, kalau nangis udah ga ke luar airmata barulah tandanya sidang skripsi sudah deket. Ternyata benar adanya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s