Gunung Cikuray : When Ur Knee Met Ur Head


Masih seminggu lagi hari yang dinanti tiba. Tapi saya masih saja gamang dengan tempat tujuan nanjak bersama kawan Rohis Periode Sekarang ( RPS ). Duh bagaimanalah ini? Booking Gn. Gede tak lagi menerbitkan harapan sedikitpun, pasrah, karena fullbooking untuk tanggal yang kami ajukan. Makin gamanglah saya ketika mengoordinasikan ini dengan kak Ida .

Saya : ” Alternatif lain kak? Gn. Guntur ?”

Kak Ida : ” Temanmu ada yg udah pernah kesana, len?”

Saya : ” belum ada kak, hmm, jadi gimana kak? ”

Kak Ida : ” kalau dipending jd awal juli gmn? kelamaan ya, hehe ”

What? Awal Juli? Pleaaseee, saya gak mau digorok kawan yang lagi pada giroh nanjak. Ga kebayang gimana raut mukanya Erlisa yang udah bela-belain beli carrier dan ngumumin ke seluruh penghuni rumahnya. Dan akhirnya tercetuslah ide….

Saya : ” bentar deh, ln nanya infogunung, kali aja dpt barengan ke guntur, ”

Dan mulailah saya melakukan hal mendebarkan ini. Nyari barengan lewat socmed broooh. Jedag-jedug mentionin beberapa akun yang memang media untuk bersalingsapa para petualang. Cemas, karena ini orang asing semuaaah. Ga ada yang dikenal. Kalo orangnya jahat gimana? Kalo ternyata itu akun anonim gimana? Kalo orangnya ga ramah gimana? Kalo orangnya bertaring, kulitnya bersisik dan hidupnya di kolong kasur gimana? Oke, karena terlalu parno akibat kebanyakan nonton Rugrats, saya mencoba bertenang-ria sambil harap-harap cemas bakal dapet barengan yang baik hati dan suka menabung.

Hingga akhirnya masuklah satu mention…

mention cikuray22

Hmmm, Cikuray? Gunung yang terkenal dengan tanjakan kecenya serta dengkul dan jidat bertemu? Keputusanpun telah di ambil.

Kak Ida : “Len, insyaAllah cikuray boleh.. Tp kalian hrs bner2 latihan fisik dulu ya..biar ga keram kaki.. Sumber air dsna jg ga ada, jd siap sedia air dr bwh..”

Saya : ( Senyum-senyum najong liatin chat fb )

Hingga akhirnya, Jumat 24 Mei 2013 berangkatlah saya menggendong Deuttie ke wilayah Pasar Minggu, meeting point pertama.

haru's0998

mengisi ransum di gerobak nasgor

haru's1001

ngedeprok samping tukang buah, menunggu

Setelah terkumpul seluruh personil, berangkatlah kami dengan jumawa menuju Pasar Rebo, meeting point kedua. Di sana ada kak Adi, kenalan yang tau trek Cikuray. Dari analisa awal, sepertinya kak Adi dan teman-temannya ( belakangan baru kenalan namanya kak Ami dan kak Erni ) bukan tipe makhluk yang bertaring, bersisik dan hidup di kolong kasur. πŸ˜€

Awal perjalanan, kami disambut manis dengan kenyataan bahwa kami tak kebagian kursi di bus sehingga hampir sepanjang perjalanan berangkat kami terpaksa berdiri. Rasanya? Hmm, sepertinya latuihan berdiri gini lumayan cukup untuk daftar paskibra, minimal lolos seleksi berdiri. -.-‘

haru's1006

hampir 3 -4 jam begini TT_TT

Tiba di simpang Terogong ( tempat si Nissa ketinggalan tasnya. Simak di postingan ini ) sudah hadir pula kak Agung dan kak Dewi. All our bags are packed and we are ready to gooo.. Tujuan kami adalah perkebunan Dayeuh Manggung, tempat Gunung Cikuray berada, dengan bangunan pemancar sebagai pos pertamanya.

166075_242866525838106_1620522348_n

di atas truk

Perjalanan di atas truk kala itu, terasa sunyi. Tak banyak yang bercakap, seolah sibuk dengan benak masing-masing. Mengagumi Cikuray dan Sang Purnama yang tampak elok menunggu kami di atas sana.

haru's1008

Garut di kegelapan

pos pemancar cikuray

pemancar

pos pemancar, pos pertama

perkebunan dayeuh manggung

kebun teh Dayeuh Manggung, what a nice green

IMG_6133

siap-siap

Setelah repacking, sarapan dan bersiap-siap, melangkahlah kami memulai pendakian.

cikurayfull.jpg

formasi lengkap

P1010418

awal perjalanan

DSCF0210

berfoto, penghilang lelah yang ampuh

Setelah melewati perkebunan teh, kamipun mulai memasuki kawasan hutan. Jalur pendakian di Cikuray ada 6 pos, di mana pos 1-2 lumayan, dan pos 3-6 tambah lumayan.

DSCF0221

menuju hutan

DSCF0237

haru's1018

haru's1019

IMG_6139

ngaso

P1010434

kombinasi ngesot+merayap. pasrah sama keadaan rok -.-

DSCF0229

DSCF0226

jalur air dipake jalan nanjak. Bener-bener jidat ketemu dengkul.

Setelah berkotor-kotor dengan tanah, tibalah kami di pos 6 atau yang biasa disebut puncak bayangan. Kondisi saat itu ramai sehingga agak susah untuk mendapatkan lapak demi mendirikan tenda.

P1010569

ngecamp

P1010578

tetangga sebelah

IMG_0303

sebenernya mereka lagi main masak-masakan dan ibu-ibuan -.-

Perjalanan dilanjutkan keesokan harinya. Pagi-pagi buta, kami mulai summit. Gelap euy, ditambah berjalan dengan beberapa kawan yang masih pemula,berjalanpun harus memastikan apa kawan lainnya baik-baik saja serta cukup istirahatnya, serasa TA. Kekompakan sangat dibutuhkan pada episode ini.

P1010446

IMG_0138

yang ditunggu masih malu-malu

P1010496

akhirnya muncul juga

IMG_0189

gradasi yang menyenangkan >.<

IMG_6217

IMG00137-20130525-0531

lapak sebelah

IMG_0168

rame -.-‘

IMG_0223

945593_624348064242588_1295335414_n

gabung foto sama komunitas lain~

cikurrraaayy

lain waktu nanjak bareng lagi ya πŸ™‚

cikuray

perjalanan nurun

Sesampainya di tenda…

P1010581

beres-beres

931306_242867102504715_724909667_n

makan-makaan >.<

P1010596

971712_10200634011644409_26045851_n

pulang~

β€œPatriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrasi dan slogan, seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal akan objek – objeknya, mencintai tanah air Indonesia dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dengan dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat karena itulah kami naik gunung”
β€” Soe Hok Gie
Jadi, mau liburan di rumah aja ? Kenali negerimu cintai negerimu πŸ˜€ πŸ˜€

22 thoughts on “Gunung Cikuray : When Ur Knee Met Ur Head”

  1. kemarin sih pake yg kapasitas 45liter,tp ga terlalu berat krn isinya cm barang pribadi semua, hehe.
    wuah, cibereum yg di Gede-Pangrango ya? kmrn saya ke sana, tp sayang krn jalan malam jadi ga bisa liat pemandangannya -_-

      1. asiik..kapan tuuh?? btw abis lebaran aku masih galau antara Rinjani yang tak kunjung dapat tiket atau altenatif terakhir ke Ciremai. Kamu ada rencana muncak ga?

      2. wuah, masa2 libur lebaran memang menggalaukan, selain tiket agak susah, mahal pula T_T
        ada, h+2 lebaran ke argopuro. lalu akhir agustus ke merbabu. ada ajakan jg ke ciremai bln september,tp blm fixed tglnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s