Harta Karun di Perpustakaan Nasional RI


Jakarta, 5 Mei 2013

Minggu pagi itu, keinginan saya saat tahun 2011 akhirnya terpenuhi. Awalnya hanya berniat untuk lari pagi di kawasan Monas, apa daya, rasa keingintahuan membuat saya akhirnya menjumpainya.  Dulu, saya hanya mampu menatapnya dari jauh, mengira-ngira bagaimana keadaannya. Berkat sikap kooperatif seorang senior, berhasillah saya memasukinya. Perpustakaan Nasional RI yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat. Dan begitu saya memasukinya… uoww. Kereen, suasana gedung jadul berpadu dengan koleksi buku-bukunya yang begitu menggoda untuk dijelajah. Saya kenal dengan tiga perpustakaan umum di wilayah Jakarta. Perpustakaan Umum Daerah (Perpumda) yang berada di kawasan Gor Soemantri Brodjonegoro, Perpustakaan Umum Nasional di kawasan Salemba dan yang satu ini, berada di sekitaran  kawasan Monas. Akses ke sana cukup mudah, naik Bustransjakarta menuju Monas, lalu berjalan kaki ke deretan gedung Balai Kota.

Dan begitu memasuki ruangan, disambut dengan suasana begini :

haru's0957

Berkeliling, saya kagum dengan perpus yang satu ini. Tak terlalu besar, tapi arsitekturnya unik. Berlantai dua dan setiap ruangan dihubungkan oleh tangga.

haru's0926

penghubung

Puas berkeliling, saya menemukan sebuah ruangan yang isinya buku-buku tentang negeri ginseng alias Korea Selatan. Jiwa kpopers sayapun bangkit, melihat jejeran buku bertuliskan huruf hangeul. Dan ternyata ruang yang saya masuki bernama :

haru's0956

Penjelasan kenapa ada ruangan beginian :

haru's0930

haru's0922

situasi

haru's0924

jejeran hangeul

Satu hal yang saya sadari : buku-buku Korea Selatan kebanyakan bercover lucu, menggunakan warna-warna cerah dan sangat mengundang untuk dibaca.

haru's0973

haru's0972

haru's0971

haru's0970

haru's0938

cuma manyun karena ga bisa baca -.-

haru's0932

kalau dibuka isinya huruf beginian semua -.-‘

Berhubung ga paham itu buku bercerita tentang apa, maka saya mencari buku-buku fotografi. Lumayanlah, kalau foto kan bisa dipahami, ga berhubungan dengan Hangeul *sigh

haru's0943

haru's0944

haru's0950

haru's0945

haru's0947

haru's0948

boleh bawa pulang satu??

haru's0952

pembuatan kimchi. seketika teringat postingan ini *yaiks

Membicarakan Korea Selatan tak lepas dari Hallyu Wave dan Drama unyu-nya. Ketika saya menyusuri rak-rak, saya menemukan. Iniiii :

haru's0963

haru's0967

haru's0969

Kpopers, terutama fangirl pasti kenal -.-‘

haru's0933

Setelah puas termehek-mehek karena cuma bisa menikmati gambar foto tanpa bisa menikmati buku dan karya-karya sastranya, saya melangkahkan kaki menuju ruangan di sebelah meja resepsionis, maka matapun disambut oleh dinding-dinding berhiaskan warna cerah dan gambar-gambar lucu.

haru's0962

Ruang Baca Anak. Cocok untuk adek-adeknya 😀

Karena tak mungkin saya menjelajah ke Ruang Baca Anak, maka saya mencoba mendaftar sebagai anggota perpustakaan. Gampang lho, tinggal isi formulir, tunggu dipanggil untuk foto, maka kartu tanda anggota perpustakaan sudah jadi dalam hitungan menit. Gratis pula 😀

haru's0992

Penampakan, hufft -.-‘

haru's0976

Poster kampanye

Berada di ruangan unik dengan berbagai macam buku di dalamnya, serasa berada di antara timbunan harta karun yang semuanya menunggu untuk ‘dilahap’. Lain waktu kenalan dengan perpustakaan lainnya yaa 😀

*melambai ke rak buku

14 Replies to “Harta Karun di Perpustakaan Nasional RI”

  1. hai.
    rencananya besok saya mau ke perpus itu.
    ‘berkat sikap kooperatif senior’ mksdnya apa ya? maksudnya bukan mesti izin kalo mau masuk kesitu kan?

  2. Hihi, saya lagi keranjingan main ke Perpustakaan Nasional juga, meski baru yang di Salemba. Asyik, banyak buku tua, terus yang sistem dengan bon buku itu membuat kita tahu bagaimana mencari buku dengan bantuan pustakawan :)).
    Sayang, padahal saya sudah jadi anggota Perpusnas sejak Oktober 2013, tapi belum pernah tandang ke Perpusnas yang di Medan Merdeka. Mau tandang sekarang-sekarang tidak bisa, soalnya tutup sampai 2017 :huhu…

Leave a Reply

